Minggu, 06 Maret 2016

Nyeri Punggung Karena Duduk Terlalu Lama? Ini 4 Cara Mencegahnya

Bagi kamu wanita karir yang bekerja kantoran dan duduk terlalu lama, kamu mungkin sudah sering membaca atau mendengar fakta bahwa duduk terlalu lama sangat buruk untuk kesehatanmu.
 Bukan hanya bisa menyebabkan kamu cepat gemuk, duduk terlalu lama juga bisa melemahkan otot tubuh, menyebabkan nyeri punggung, mengundang penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol, dan lain sebagainya. Tapi kamu tak harus meninggalkan pekerjaan kok meski kamu ingin tetap menjaga kesehatan. Yang perlu kamu lakukan adalah
  • Postur yang benar

    Duduk dengan postur yang tegap, usahakan kamu tak membungkuk atau terlalu membusungkan dada. Postur tubuh yang rileks dan nyaman dan sesekali menggerakkan tubuh ke kanan maupun kiri bisa membuat otot tidak kaku sehingga punggung tak sakit.
  • Stretching ringan

    Latihan peregangan sangat baik membuat otot tidak kaku selama duduk berjam-jam.  Cukup berdiri selama 10 detik setiap 1 jam sekali. Sesekali tekuk tubuh menyentuh kaki, dan latihan peregangan lainnya saat kamu sedang ke pantry atau kamar mandi. Kamu juga bisa membiasakan diri olahraga paling tidak 30 menit setelah pulang kerja.
  • Latihan yoga dan pilates

    Latihan yoga dan pilates paling baik melatih otot tubuh dan menghilangkan nyeri otot Kamu bisa melakukannya sepulang kerja atau lakukan sendiri di rumah sebelum tidur.
  • Pergi ke dokter

    Jika nyeri punggung tetap tak hilang, coba periksakan ke dokter, apakah kamu punya masalah dengan tulang belakang dan lain sebagainya. Biasakan untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan gerakan tubuh untuk menjaga tubuh tetap aktif.
Selama kamu menjaga tubuh tetap bergerak dan melakukan aktivitas gerak yang aktif, otot punggung tak akan nyeri meski kamu harus bekerja di depan komputer setiap hari.

sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/91662-nyeri-punggung-karena-duduk-terlalu-lama-ini-4-cara-mencegahnya.html

Tidak ada komentar: